Monday 12 August 2019

Steak Rumahan Ala Blogger

Sumber : Dok pribadi

Hai bunda, kali ini Blog moshrefaalitle.blogspot mau menulis resep masakan ala ala resto yang penulis bikin sendiri di rumah. Awalnya hanya memanfaatkan bahan sisa-sisa di kulkas. Bingung ada brokoli, wortel dan tempe gembus dibikin apa ya? Di masak sop udah bosan, capcay juga udah biasa. Akhirnya coba-cobalah dibikin steack dan alhamdulillah anak suka. Dan karena bahannya yang ala kadarnya jadi aku namahi lah steak ini dengan steak rumahan ala kadarnya.

Bahan:

2 buah wortel ukuran sedang
1 bungkul brokoli
1 potong tempe gembus ukuran 250 gram

Bumbu:

1/2 Bagian bawang bombay
Merica bubuk secukupnya
3 sdm minyak goreng
3 sdm saus spageti/saus tomat
2 sdm tepung meizena
1/2 sdt gula pasir

Cara membuatnya:

1. Brokoli dan wortel yang sudah di potong panjang-panjang direbus dalam air mendidih jangan terlalu matang biar gak terlalu lunak dan jika sudah matang angkat kemudian tiriskan

2. Tempe gembus yang sudah dipotong panjang goreng dengan bumbu biasa seperti saat mau dipakai lauk dan sisihkan dahulu.

3. Saatnya bikin saus steak.

Masukkan minyak goreng, tumis bawang bombay yang sebelumnya sudah di cincang halus.

Saat bawang sudah layu masukkan saus spageti/saus tomat, garam, gula pasir dan Merica bubuk. Aduk jangan sampai menggumpal.

Ketika di rasa semua bumbu sudah lengkap masukkan tepung meizena yang sudah dilarutkan dengan 250 ml air. Aduk pelan jangan sampai menggumpal, ketika mendidih dan rasa dianggap sudah pas saus siap diangkat dan sajikan pada wadah sesuai selera. Dan resep kali ini bisa untuk 2 porsi makan.

Untuk isi sesuai selera dan tergantung apa yang ada dikulkas anda. Tempe gembus bisa di ganti kentang atau yang lain.

Dan karena kebetulan inj hari raya iduladha, jadi pastinya banyak sekali donk daging di kulkas anda. Jadi untuk isiannya biasa anda tambahi daging yang di panggang terlebih dahulu. Nah, bagaimana membuat daging panggang untuk steak? anda bisa menyimak dalam ulasan berikut:

Bahan dan bumbu:

Daging sapi/kambing
1/2 buah nanas
3 sdm kecap
Garam dan merica secukupnya
3 sdm minyak goreng

Cara membuat:

Potong daging sapi agak lebar dan pipih agar matang sampai dalam ketika di panggang.

Lumuri daging dengan nanas yang sudah diparut. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit kemudian baru lumuri bumbu yang terdiri dari kecap, garam dan merica bubuk kemudian diamkan selama 15-20 menit agar bumbu merasuk sampai ke dalam.

Pasarkan teflon atau wajan anti lengket pada api sedang, olesi teflon dengan minyak dan daging siap di panggang. Ketika daging sudah berwarna coklat merata daging siap disajikan beserta saus steak.

Selamat Mencoba!!!





No comments:

Belajar dan belajar

KERJA CERDAS BUKAN KERJA KERAS

  Sumber : Tribunnews.com Sejak dulu orangtua kita selalu menasehati anak-anaknya untuk bekerja keras agar hidup kita sukses. Namun, anggapa...