Friday 21 December 2018

SUDAHKAH ANDA KHUSYU' SAAT BERWUDLU??

Bacaan Doa Saat Berwudlu



Bincangsyariah.com


Wudlu merupakan perbuatan wajib yang harus dilakukan sebelum kita melaksanakan sholat. Sehingga salah satu kunci sah tidaknya sholat terletak pada bagaimana saat kita melakukan wudlu. Sudahkah wudlu kita sempurna terpenuhi semua syarat dan rukunnya?? Untuk hal ini sebagai umat muslim yang sejak kecil dan tiap hari melakukannya, saya kira anda sudah memahaminya. 

Namun sudahkah anda khusyu' dalam melaksanakan wudlu? Khusyu' bukan berarti diam seperti khusyu'nya kita saat melaksanakan sholat. Khusyu' dalam berwudlu yaitu menghayati dan membaguskan setiap membasuh daripada anggota wudlu. Karena sesungguhnya membaguskan wudlu itu mempunyai hikmah yang sangat besar. Sebagaimana yang dikatakan nabi dalam sebuah hadits sbb: 

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسِنُ الوُضُوْءَ خَرَجَتْ خَطَايَاهُ مِنْ جَسَدِهِ حَتَّى تَخْرُجُ مِنْ تَحْتَ أَظْفَارَهَ

Artinya: Rasulullah bersabda, "Barang siapa berwudlu dengan membaguskan wudlu'nya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kulitnyya sampai kuku jari-jemainya". (HR. Muslim)

Salah satu bentuk membaguskan dalam berwudlu sehingga wudlu bisa dikatakan khusyu' dan sempurna adalah dengan membaca doa-doa pada setiap membasuh anggota wudlu. 

Sebelum membaca doa apapun tentunya yang paling awal dibaca adalah bismillah. Karena bismillah merupakan inti kandungan ajaran Islam yang di situ ada unsur keyakinan terhadap Allah yang telah memberikan kekuatan sehingga seseorang dapat melakukan aktivitas yang diinginkan.

Adapun doa yang dibaca pada setiap membasuh anggota wudlu adalah sbb:

Doa Saat Membasuh Kedua Telapak Tangan

اَللّٰهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allohumma a'inni 'Ala Dzikrika wa Syukrika wahusni 'Ibadatika 
Artinya:"Ya Allah bantulah aku untuk selalu berdzikir kepadamu dan selalu memperbaiki ibadah kepadamu"

Doa Ketika Menghirup Air Ke Hidung

اَللّٰهُمَّ أَرِحْنِي رَائِحَةَ الجَـنَّةِ وَاَنْتَ عَنِّي رَاضٍ

Allohumma Arihni Roihatal Jannati wa anta annii rodliin
Artinya: "Ya Allah berikan aku penciuman wewangian syurga dan keadaan Engkau terhadap diriku yang selalu meridhoi"

Doa Ketika Membasuh Muka
(Setelah membaca niat wudhu)

اَللّٰهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِى يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوْهٌ

Allohumma bayyid wajhiy yauma tabyadu wujuuh wa taswaddu wujuuh
Artinya: "Ya Allah putihkan wajahku pada hari menjadi putih berseri wajah-wajah kaum muslimin dan menjadi hitam legam wajah-wajah orang kafir"

Doa Ketika Membasuh Tangan Kanan

اَللّٰهُمَّ اَعْطِنِى كِتاَبِى بِيَمِيْنِى وَحَاسِبْنِى حِسَاباً يَسِيْرًا

Allohumma A'thini kitabi biyamini wa hasibni hisaban yasiro
Artinya: "Ya Allah berikanlah kepadaku kitab amalku dari dari tangan kananku dan hisablah aku dengan penghisaban yang ringan"

Doa Ketika Membasuh Tangan Kiri

اَللّٰهُمَّ لاَ تُعْطِنِى كِتاَبِى بِشِمَالِى وَلاَمِنْ وَرَاءِ ظَهْرِىْ

Allohumma Laa Ta'thini Kitabi bisyimali walaa min waro'i dzohri
Artinya:
"Ya Allah jangan Engkau berikan kepadaku kitab amal dari tangan kiriku atau pada belakang punggungku"

Doa Ketika Mengusap Rambut Kepala

اَللّٰهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ

Allohumma harrim sya'ri wabasyari 'Alannari
Artinya: "Ya Allah haramkan rambutku dan kulitku atas api neraka"

Doa Ketika Membasuh Kedua Telinga

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ اْلقَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ أَحْسَنَهُ

Allohummaj'Alni minalladzina yastami'unal Qoula fayattabi'una ahsanahu
Artinya: "Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mendengarkan nasehat dan mengikuti sesuatu yang terbaik"

Doa Ketika Membasuh Kedua kaki

اللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمِيْ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ الْأَقْدَامُ

Allâhumma tsabbit qadami ‘ala shirâthi yauma tazila fîhi al-aqdâm.

Artinya: “Ya Allah, mantapkanlah telapak kakiku saat melintasi jembatan shirathal mustaqim, kelak di hari ketika banyak telapak kaki yang tergelincir.”

Setelah anda selesai melaksanakan wudlu dengan sempurna, hendaknya angkatlah tangan anda menengadah ke langit dengan menghadap kiblat dan membaca doa berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu allâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîka lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhû wa rasûluhû, allâhummaj'alnî minat tawwâbîna waj'alnii minal mutathahhirîna.
Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih)." (Dari hadits riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi)


Demikianlah ringkasan tentang doa-doa yang dibaca pada saat berwudlu. Alangkah baiknya jika kita bisa mengistiqomahkan untuk membacanya dan lebih-lebih faham beserta artinya. Karena, disetiap penggalan doa terkandung makna yang sangat dalam yang kita butuhkan untuk di kehidupan yang akan datang. 

Bayangkan andai kita bisa istiqomah membacanya. Sehari kita wudlu minimal 5 kali, berarti 5 kali juga kita membaca doanya. Sehingga jika dihitung secara matematika sehari 5 kali, sebulan kurang lebih 150 kali membaca. Doa yang dibaca secara berulang-ulang, insyaallah salah satu dari yang kita baca ada yang diijabahi. Insyaallah...

Bacaan doa diambil dari kumpulan doa-doa terbitan Ponpes Putri An-nuriyah Surabaya. Buat guruku Ibu Hj. Ainurrohmah semoga barokah selalu umurnya, manfaat ilmunya dan sukron jazill atas segala doa dan ijazah yang engkau berikan buat bekal hidup kami. 
تقبل الله كل اعماله الخيرية

By : moshrefa_siti






No comments:

Belajar dan belajar

KERJA CERDAS BUKAN KERJA KERAS

  Sumber : Tribunnews.com Sejak dulu orangtua kita selalu menasehati anak-anaknya untuk bekerja keras agar hidup kita sukses. Namun, anggapa...