Thursday 27 August 2020

Resep Sup Matahari

Sup Matahari (Sumber: Doc. Pribadi) 


Assalamualaikum bunda..


Minggu kemarin waktu aku share sup matahari kesukaan anak ku distatus wa, banyak yang nanya resepnya. Maaf ya bunda baru kali ini sempet nulis nya. Resep ini murni olahan sendiri, tapi tetep sih ada inspirasi dari salah satu rumah makan favorit yang pernah aku kunjungi di ngawi dan juga sedikit resep dari sepupu ku juga. So insyallah kalau masak nya dari hati pasti enak. Selamat menyimak bunda.


Bahan kulit matahari:

Tepung meyzena 3 sdm

Telur 2 btr

Air secukupnya


Bahan isi:

Wortel 1 buah

Kulbis 1/4 biji

Jagung 1 buah

Pentol daging 6 biji


Bahan kuah:

Bawang merah 2 siung

Bawang Putih 3 siung

Merica 8 butir

Pala secuil kira2 separo kuku

Minyak goreng secukupnya

Bawang goreng 

Sledri

Daun bawang

Garam

Kaldu bubuk

Gula pasir


Langkah bikin kulit:

1) Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah bikin kulit untuk bungkus isiannya. Siap kan tepung meyzena campur dengan air sampai kira-kira seperti adonan rempeyek yang sangat cair. Lalu masukkan telur kocok sampai semua rata. Jangan kebalik telur nya dulu baru tepung ya. Karena nanti bisa menggumpal gak mau campur. 

2) Setelah adonan siap, tuang adonan sebanyak 1 irus kecil ke teflon yang sudah dipanaskan. Teflonnya minimal ukuran tanggung ya bun, supaya  jadinya kulit agak lebar. Biar nanti isinya bisa ke bungkus dengan rapi. Ulang terus sampai adonan habis. 


Langkah bikin isian:

1) Kupas wortel, cuci bersih dan parut pakai parut sawut atau parut keju. 

2) Cuci bersih kulbis, setelah dicuci iris lembut seperti mau dipakai campuran soto

3) Terakhir sisir jagung manis yang sudah disediakan. 

4) Setelah semua isi siap, tata diatas kulit yang sudah dibikin sebelumnya. Namun sebelumnya siap kan adonan telur kocok atau tepung dikasih air buat lem bagian atas. Tata bersebelahan jangan ditumpuk mulai pentol, kulbis, wortel dan jagung. Lalu tarik ke atas sisa kulit menjadi satu simpul dan beri lem agar nanti menyatu. Tata secara terbalik (pertemuan sisa kulit ditaruh bawah) dipanci yang sudah dipanaskan. Ulangi sampai bahan habis. Dan kukus kira-kira 10 menit. 


Langkah bikin kuah:

1) Haluskan bawang Putih, bawang merah, Pala dan merica

2) Setelah semua halus, tumis bumbu sampai harum dan layu. Setelah bumbu harum dan layu masukkan ke dalam panci yang sudah diberi air. 

3) Setelah air mendidih masukkan gula, garam, kaldu bubuk, daun bawang dan sledri. Koreksi rasa dan terakhir masukkan bawang goreng. 


Finishing :

Taruh secara terbailik (bagian pertemuan sisa kulit di bawah) satu bungkus isian yang sudah di kukus ke dalam mangkuk. Iris kulit bagian tengah dan gunting menyeluruh dengan bentuk segi tiga yang mempunyai sudut lancip hingga membentuk seperti kelopak bunga. Siram isi dengan kuah panas. Sup matahari yang siap dihidangkan. 


Selamat mencoba bunda. Pasti anda berpikir terlalu ribet ya? Kalau masaknya dibikin enjoy dan dinikmati gak ribet kok bun. Apalagi kalau ingat si anak jadi lahap makannya, wah tambah semangat tuh. 


Oh ya bunda, untuk kulit nya jika gak ada tepung meyzena bisa kok pakai tepung kanji. Dan untuk isiannya bisa divariasi sendiri sesuai bahan yang ada dikulkas. Apalagi kalau ada stok daging, bisa juga pentolnya diganti dengan daging giling. 


Selamat mencoba bunda, semoga manfaat. 


Penulis : moshrefa_siti


#resepsupmatahari #resepmakanan


2 comments:

Sulis Nashwa said...

Makasih resepnya...sepertinya mantap. Nanti mau coba juga...

Moshrefaalitle.blogspot.com said...

Iya mbak monggo dicoba, anak ku pasti makannya jadi habis kalau pakai sup ini

Belajar dan belajar

KERJA CERDAS BUKAN KERJA KERAS

  Sumber : Tribunnews.com Sejak dulu orangtua kita selalu menasehati anak-anaknya untuk bekerja keras agar hidup kita sukses. Namun, anggapa...