Friday 7 August 2020

TONGSENG TANPA SANTAN


Assalamualaikun,,,

Bismillahirrohmanirrohiim

Halo bunda apa kabar? semoga kita semua selalu sehat, semangat dan hidup dalam keberkahan. Amin..
Bunda, dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep makanan favorit ku saat idul adha tiba. Sebenarnya sudah sedikit terlambat ya, tapi aku yakin sebagian bunda di rumah masih menyisihkan daging di kulkas. Karena terkadang dihari pertama atau ke dua idul adha melihat daging masih enek (ejaan jawa = mual). 

Sedikit cerita nih, sebenarnya ini kali pertama aku nyoba masak tongseng sendiri. Hari raya pertama mencoba masak, namun belum menemukan yang sesuai selera. Yaitu tanpa santan dan rasa kecapnya terasa dan gak terlalu pedas. Setelah browsing-browsing akhirnya menemukanlah resep yang bumbunya simple dan mudah ditemukan di sekitar kita. Yuk mulai bun, simak ya apa saja bahan yang di butuhkan danbagaimana proses membuatnya.

Bahan-bahan: 

Daging kambing 500 gr
Cabai rawit merah 5 Buah
Daun bawang 1 batang
Kolbis Secukupnya 
Kecap 2 Sdm/sesuai selera
Minyak goreng secukupnya
Tomat 2 buah
Gula merah 1 lingkaran
Lengkuas 1 ruas jari
Daun salam 2 lbr
Daun jeruk 2 lbr
Serai 1 batang
Kaldu bubuk 1 Sdt
Garam 1 Sdt


Bumbu halus:

Lada 1 Sdt
Bawang merah 7 siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri 3 butir
Kunyit 1 ruas

Cara membuat:

1) Haluskan semua bumbu halus, kemudian panaskan minyak di wajan. Kalau minyak sudah panas masukkan semua bumbu halus dan tumis sampai baunya harum. 
2) Setelah bumbu harum masukkan serai dan lengkuas yang sudah digeprek, daun jeruk dan juga daun salam. Kemudian bumbu lanjut ditumis sampai matang.
3) Setelah bumbu matang, masukkan daging kambing yang sudah dipotong dadu. Kemudian aduk terus sampai merata dan dagingnya berubah warna.
4) Setelah daging berubah warna masukkan air secukupnya. Jika ingin bumbu merasuk dan daging empuk, masukkan air sampai semua daging tenggelam. Setelah itu masukkan gula merah, kecap secukupnya, garam dan kaldu bubuk.
5) Selanjtnya, tutup masakan dan tunggu sampai air menyusut sambil sesekali diaduk. Setelah air menyusut masukkan daun bawang, kolbis dan cabai rawit. Tunggu sampai kolbis layu, koreksi rasa dan tongseng siap dihidangkan.

Demikian resep tongseng kali ini, semoga bermanfaat bunda.

See you next..

By: Moshrefa_siti

#reseptongseng #resep masakan

No comments:

Belajar dan belajar

KERJA CERDAS BUKAN KERJA KERAS

  Sumber : Tribunnews.com Sejak dulu orangtua kita selalu menasehati anak-anaknya untuk bekerja keras agar hidup kita sukses. Namun, anggapa...